Senin, 12 Maret 2012

BAGIAN - BAGIAN TUMBUHAN

Tumbuhan memiliki bagian - bagian yaitu ; akar, batang, daun, bunga, dan buah. Tapi tidak semua tumbuhan bisa mempunyai bunga dan buah, hanya tumbuhan yang bisa berfotosintesis saja yang mempunyai bunga dan buah. Berikut ini adalah bagian - bagian tumbuhan :
 1.AKAR
 Akar merupakan organ penting tumbuhan yang berfungsi sebagai alat melekat tumbuhan ditempat hidupnya. Akar juga merupakan organ untuk penyerapan air dan mineral dari tanah. Selain itu sebagai alat untuk pertukaran udara dan tempat menyimpan cadangan makanan. Pada akar terdapat bulu -bulu halus yang disebut bulu akar.



 
2.BATANG

 
Definisi batang adalah merupakan bagian kedua dari tumbuhan setelah akar. Batang bersatu dengan akar melanjutkan sari makanan yang dibawa oleh akar melalui jaringan pengangkut. Pada beberapa jenis tumbuhan, batang berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan, misalnya pada ubi jalar dan kentang. 

 
3.DAUN

Daun merupakan tempat terjadinya fotositesis. Daun berfungsi sebagai tempat fotosintesis, sebsgsi tempat transparasi tumbuhsn , dan sebagai alat pernafasan bagi tumbuhan.

 

 
4.BUNGA
Bunga merupakan organ penting bagi tumbuhan. Pada bunga terdapat bagian penghasil serbuk sari dan bakal biji. Penghasil serbuk sari adalah benang sari, sedangkan bakal biji terdapat pada putik. Ujng benang sari terdapat serbuk sari. Alat reproduksi jantan pada tumbuhan berupa benang sari. Pada alat reproduksi betina pada tumbuhan dihasilkan pada bagian yang disebut putik. Jika serbuk sari jatuh dikepala putik akan menghasilkan sel sperma. Selsperma akan membuahi sel telur yang disimpan didalam bakal biji.Bunga berfungsi sebagai alat perkembangan generatiftumbuhan karena memiliki benang sari da putik.
  Stuktur Bunga:
   1. Kelopak bunga. Kelopak berfungsi melindungi dalam bunga saat masih kuncup.
   2. Mahkota Bunga. Terletak didalam kelopak, ukurannya lebih besar, mempunyai bentuk dan warna yang
      beranekaragam. Mahkota bunga berfungsi sebagai penarik serangga atau hewan penyerbuk.
   3.Benang Sari. Terletak disebelah dalam mahkota. Berfungsi sebagai alat kelamin jantan.
   4.Putik. Merupakan bagian tengah bunga, Berfungsi alat kelamin betina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar